Mengenal Teknik Predictive Life

baf4b0910173ade693f3013a7c913c08

Kehidupan ini tidak ada yang konstan dan pasti. Satu-satunya hal yang konstant dan pasti hanyalah perubahan. Semua akan berubah, entah kita menyadarinya atau tidak. Kita semua pasti akan berubah dengan seiring berjalannya waktu. Kita semua akan berevolusi.

Seiring kita mengalami pengalaman hidup, level kedewasaan kita sudah pasti akan meningkat. Perubahan ini seringkali ditemukan dan akan lebih mudah untuk dipahami ketika kita melihatnya dalam bentuk Progressed Chart.

Solar Return Chart dibuat untuk mengetahui apa yang akan terjadi dalam hidup seseorang di tahun tertentu. Data ini berlangsung dimulai dari tahun kelahiran sampai dengan ulang tahun di tahun berikutnya.

Lain halnya dengan Transit Chart. Transit Chart dibuat hanya pada hari dan waktu tertentu. Pada hal ini patut diingat bahwa energi Limpahan (hujan) hanya akan berlaku pada hari tertentu karena cuaca  akan selalu berubah di hari – hari berikutnya.

Solar Arc Chart adalah informasi (chart) yang menjelaskan pergerakan matahari yang bergerak paralel dengan Ego Anda pada tahun dan waktu tertentu dalam hidup Anda.

Diantara informasi (chart) lainnya, Progressed Chart adalah informasi yang dibuat untuk menemukan perubahan yang terjadi dalam kepribadian kita sewaktu kita mencari pengalaman hidup, emosi, nilai dan norma yang kita percaya dan jalani selama hidup kita. Hal-hal tersebut adalah yang akan menjadi tolak ukur perubahan kepribadian kita pada waktu tertentu dalam hidup kita.

Contoh :

Jika saya membuat Progressed Chart selama 46 tahun dalam hidup saya, informasi ini akan menunjukkan perubahan kepribadian saya selama 46 tahun. Jika saya membuat Progressed Chart selama 47 tahun dalam hidup saya, informasi ini akan menunjukkan perubahan kepribadian saya selama 47 tahun dan hal ini bisa disesuaikan dengan angka seterusnya.

Dengan menggabungkan chart atau informasi seseorang dari Progressed Chart, Solar Arc Direction dan Transit itu sama dengan mengetahui Solar Return dan komponen lainnya seperti Siklus bulan, Gerhana, dan yang lainnya. Gabungan dari semua unsur ini akan menghasilkan hal yang bernama “Predictive Life Technique”. Hal ini akan menunjukkan dan memprediksi hal-hal atau kejadian tertentu dalam hidup Anda. Namun, yang terpenting adalah bagaimana Anda dapat menjalaninya dengan selaras atau mengantisipasinya dengan baik.

Kesatuan yang selaras ini sayangnya tidak dijelaskan di dalam Human Design. Dalam Human Design, kita hanya bisa melihat Solar Return , Transit dan beberapa Return’s Chart seperti Saturn, Uranus dan Chiron Returns.

Transit dan Progressions dapat mempermudahkan kita untuk mengidentifikasikan waktu dan karakter peristiwa penting, dan kita dapat menggunakan metode ini untuk perkembangan psikologis dan keuntungan yang sifatnya menyembuhkan.

Dengan membuat “Predictive Life Events” dengan cara mengumpulkan informasi dari data Natal, Progressions, Solar Arc, Transits, Solar Return, Lunation Cycle dan juga Eclipse yang sesungguhnya adalah sebuah metode yang dinamakan Psychotherapy-Astrology, merupakan sebuah proses dalam menggabungkan simbol-simbol planet untuk meningkatkan kesadaran diri, lebih fokus dalam proses konsultasi serta mendapatkan hasil positif yang selaras.

Apa yang akan Anda lakukan jika Anda dapat mengetahui apa yang akan terjadi pada diri Anda?

Pertanyaan yang sering di tanyakan (FAQ) :

Q :   Apakah dengan membuat “Predictive Life Events” berarti saya bisa mengetahui apa yang akan terjadi kepada saya termasuk keluarga saya di tahun yang akan mendatang?

A: Betul sekali. Pastinya dengan segala kerendahan hati kita masih mempunyai pilihan dan kesempatan untuk mengubah hal tersebut. Dengan menggunakan perpindahan planet sebagai pemicu, kurang lebih hal yang akan terjadi dalam hidup Anda dapat Anda lihat dengan menggunakan semua informasi yang terdapat pada Progressed, Solar Arc, Return, and Transit dan juga dengan memperhatikan siklus bulan, gerhana dan selanjutnya.

Q:  Akuratkah teknik Predictive Life  ini?

A: Lebih akurat dibandingkan dengan metode ramalan biasa atau metode ramalan yang menggunakan prediksi tidak jelas seperti Tarot, Garis Tangan, Aura dan lain lain.

Harus diingat bahwa teknik Predictive Life ini adalah teknik yang berdasarkan apa yang terjadi di alam semesta, perubahan planet, begitu pun juga dengan perubahan rasi bintang yang juga merupakan salah satu yang hal penting dalam pembentukan alam semesta secara luas (makro). Dalam tajuk ini, makro sudah pasti akan mempengaruhi mikro, dan begitu juga sebaliknya.

Pergerakan planet ini juga akan menghidupkan hukum gravitasi pada seseorang. Sehubungan dengan hal – hal tersebut, kita akan mengetahui bahwa banyak informasi yang lebih masuk akal dibandingkan dengan hanya membaca Tarot, Garis Tangan, Wajah ataupun dengan melihat aura Anda.

Dengan menggabungkan semua informasi dan Predictive Chart Anda, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih akurat, mudah dipahami, serta logis.

Q: Saya masih kurang jelas mengenai Informasi Transit & Progressions Chart. Apakah ada perbedaan tertentu yang spesifik?

A: Progression Chart sifatnya lebih pribadi karena berisi tentang informasi evolusi kepribadian Anda. Perubahan sudah terbentuk secara otomatis dalam diri kita karena hal itu adalah bagian dari DNA horoscopic kita (manusia), sedangkan Transit Chart sifatnya lebih umum. Seperti halnya prakiraan cuaca yang pasti ada setiap harinya. Jika planet Pluto sedang bergerak, semua akan merasakan energi dari perpindahan tersebut. Anda juga akan tetap merasakan energi dari pergerakan planet Pluto, namun efek yang dirasakan akan bersifat lebih personal ke dalam diri Anda dimana itu adalah hasil dari data Natal planet kelahiran Anda. Perlu diingat bahwa perpindahan planet juga dapat menjadi pemicunya. Namun, jika Progression, Solar Return, Solar Arc dan komponen lainnya, terutama dalam diri Anda tidak terpicu, ini berarti tidak ada kejadian khusus yang akan terjadi di dalam hidup Anda. Transit adalah bagian-bagian baru dari energi yang harus kita pahami selama hari-hari tertentu.

Kedua informasi tersebut, baik Progression atau Transit, menghasilkan perubahan dalam diri Anda, dimana hal tersebut akan menuntun Anda untuk mengambil tindakan dan juga akan menyebabkan kejadian di luar sana yang berhubungan dengan perubahan dalam diri Anda (batin). Apa yang terjadi di dalam diri Anda juga akan terlihat dari luar. Oleh karena itu, pancaran tersebut akan terwujud menjadi sebuah realita, jika kita memperhatikannya dengan menggunakan energi yang kuat dan seksama. Tokoh Astrologi ternama, Bernadette Brady, mengatakan ”Progressions adalah cara kosmos bermanifestasi MELALUI kita, sedangkan Transit memanifestasikannya PADA kita.”

Dengan kata lain, sebelum kejadian ini termanifestasi di dalam diri kita (Karmic Law, Cause Effect), kita akan merasakan perubahannya dalam diri kita pada pada tingkatan tertentu, terutama hal – hal dalam diri kita yang belum kita sadari. Perubahan dalam diri kita ini akan mempersiapkan kita untuk menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di luar diri kita. Perubahan dalam diri kita ini bisa di liat dari sudut pandang Progressions Chart kita sendiri.

Ini berarti kita bisa mengantisipasi dan memungkinkan kita untuk merubah keputusan dalam hidup kita.

Contoh :

Jika sesorang memiliki Pluto pada saat kelahiran (Natal’s Pluto) dan terletak pada rumah ke empat, hal ini dapat menyebabkan ia mengalami kesulitan dalam rumah tangga dan juga keluarganya. Jika melihat dari perjalanan hidupnya selama 44 tahun dan Pluto-nya jatuh pada rumah kedua, maka itu akan menyebabkan beberapa aspek Pluto di rumah sebelumnya. Posisi baru dalam kehidupannya ini dapat menyebabkan perubahan, terutama dalam aspek keuangan yang sebelumnya dipicu dari apa yang terjadi di rumah tangganya. Namun, jika perpindahan Pluto ini terjadi pada rumah yang sama di hari tertentu, maka kemungkinan besar akan terjadi kepailitan yang disebabkan oleh keluarganya. Ia akan merasakan kepailitan yang disebabkan oleh keluarga dan rumah tangganya jika seseorang gagal mencegah kekuatan ini.

Q: Sebelumnya saya pernah bekonsultasi ke ahli rasi bintang (astrologist) dan juga ahli tata ruang (feng shui) dan mereka memberi tahu saya akan hal yang dinamakan “Life Destiny” (takdir) dan oleh ahli rasi bintang (astrologist) hal ini juga disebut sebagai “Natal Promise” (Janji Kelahiran). Pada saat itu saya tidak diberitahukan mengenai Janji Kelahiran saya, apakah benar Setiap Natal Chart (informasi kelahiran) berisi dengan “Janji”? Kapankah “Janji” ini akan hadir dalam hidup saya?

A: Ya benar sekali. Anda akan mendapatkan informasi kelahiran dari format yang berbeda – beda, baik itu yang Anda dapatkan dari Astrology, Human Design, Ba Zi, atau Numerology, karena pada kenyataannya semua manusia telah terlahir dengan informasi tersebut. “Janji” ini dapat di temukan di semua Natal chart (Informasi Kelahiran) seseorang dengan metode yang berbeda sekalipun. Dalam astrologi, untuk melihat Natal chart (Informasi Kelahiran) diperlukan sedikit keahlian untuk mendapatkannya. Beda halnya dengan teknik Human Design, hal ini dikenal sebagai Incarnation Cross. Lalu bagaimana “Janji” ini akan hadir di kehidupan seseorang? Terwujudnya kejadian dalam hidup seseorang atau yang sedang dihadapi seseorang itu semua terpicu dalam perubahan seseorang yang sedang berevolusi, dan juga akibat terkena dampak dari pergerakan planet-planet atau perpindahan pada saat hal tersebut terjadi.

Jika hal tersebut tidak ada pada saat lahir, hal ini kemungkinan besar tidak akan terjadi. Progressed Charts dan faktor-faktor lain seperti transit dan siklus bulan akan membantu mempermudah untuk  menemukan titik waktu ketika kejadian tersebut terjadi.

Progressed charts bukan hanya sebuah alat untuk menentukan perubahan dalam kepribadian dan bagaimana kita melihat dunia seiringnya kita bertambah umur, melainka kita juga dapat menggunakannya untuk memprediksi secara astrologi. Transits juga mempengaruhi Progressed Chart begitu juga halnya dengan Natal Chart.  Akan tetapi, semua peristiwa penting  yang akan terjadi di dalam hidup Anda biasanya sudah tercetak dalam Natal Chart Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Natal Chart (Informasi Kelahiran), Progression, Solar Arc, Transits, Solar Return, dan hal – hal lain yang berhubungan,silahkan hubungi saya di 081513132485 atau 081510006650

Bagaimanakah Hubungan Anda Dengan Uang?

pictures-of-money-5

Dibawah ini adalah ciri-ciri utama orang yang akan jauh relationship-nya dengan uang:

  1. Meyakini uang itu akar kejahatan
  2. Merasa tidak layak dan low self worth
  3. Tidak memiliki IKIGAI (Passion, Mission, Vocation & Profession)
  4. Merasa kurang terus
  5. Merasa bergantung pada uang. Merasa aman kalau ada uang, kalau tidak ada uang maka rasa khawatir atau anxiety timbul
  6. Merasa diri selalu ada kurangnya
  7. Melulu mengejar uang sehingga tidak seimbang area kehidupan lainnya
  8. Merasa hebat dan tidak dengarkan masukan orang yang baik ketika sedang punya uang banyak
  9. Merasa roda diatas terus dan hidup foya-foya
  10. Pelit, tidak mau berbagi bahkan pelit untuk dirinya sendiri dan keluarganya
  11. Melekat pada hasil, bukan berserah dan percaya pada proses
  12. Tidak punya prinsip, alias latah
  13. Mencari uang untuk pengakuan dan pembuktian
  14. Berkeyakinan segala sesuatu dimulai memakai uang
  15. Uang dijadikan tujuan bukan alat untuk mencapai tujuan hidup
  16. Terjebak pada zona nyaman dan tidak mau melakukan perubahan meskipun jaman dan dunia berubah terus-menerus
  17. Bergantung pada orang lain
  18. Mempekerjakan karyawan dan memperlakukan mereka seakan-akan mereka adalah milik dia seorang saja karena prinsipnya “kan sudah dia bayar”
  19. Tidak ada ide yang disertai keyakinan dan kalau pun ada ide tetapi hanya dibicarakan saja, alias NATO, karena ia tidak yakin terhadap ide yang muncul dari dalam dirinya
  20. Manipulatif
  21. Ingin untung yang tidak wajar, alias maruk/serakah
  22. Tidak mau memberikan manfaat extra kepada orang lain, hanya mau untungnya saja
  23. Secretive yang berlebihan sampai curiga/prasangka

Semua Distorsi Cognitive Schemas diatas tersembunyi dibawah sadar sambil menunggu pemicunya.

Begitu ada pemicunya, maka pemikiran diatas otomatis akan muncul tanpa mampu dikendalikan dan disadari yang memicu Auto-Pilot Behaviors (Perilaku Otopilot).

Ingin tahu apakah Anda mengalami dan menderita dari salah satu atau lebih diatas?

The Neurotic Organization

5 bentuk organisasi yang sakit jiwa (Neurosis) telah berhasil teridentifikasi dan dirumuskan oleh Kets de Vries & Miller (1984).

  1. Paranoid

  2. Compulsive

  3. Dramatic

  4. Depressive

  5. Schizoid

Masing-masing penyakit organisasi diatas tentu saja sumbernya berasal dari pelaku-pelaku atau manusia yang tergabung dalam organisasi ini.

Akibat dampak dari organisasi yang sakit jiwa ini membawa organisasi itu ke dalam lingkungan yang serba terbatas dan memiliki sudut pandang yang sempit. Pemimpin ini yang memiliki organisasi yang sakit jiwa ini kerapkali memaksakan “disfungsi perilaku” mereka sendiri kepada Team dan Organisasi yang dipimpin oleh mereka.

Masing-masing penyakit jiwa yang diidap oleh Organisasi diatas membawa “bahaya laten” untuk eksistensi organisasi tersebut.

Masing-masing penyakit jiwa ini tercermin di dalam struktur, sistem, koordinasi & komunikasi antar sesama individual, mekanisme, strategi, cara membuat keputusan dan kemampuan untuk beradaptasi berubah dan bertahan.

Key Factor

Paranoid

Compulsive

Dramatic

Depressive

Schizoid

Tanda-Tanda / Karakter Disfungsi

-Curiga, prasangka

-Mistrust

-Hyper-Alertness

-Perfectionism-Mencari “submission”

-Ketidakmampuan untuk relax

-Self-Dramatization

-Narcissistic preoccupation

-Feeling worthless

-Loss of motivation

 

-Detachment

-Estrangement

-Indifference

Core Fantasy ( Keyakinan yang Irasional)

-Tidak bisa percaya siapapun

-Kontrol adalah keharusan

-Want to impress

-Tidak ada harapan

-Doesn’t matter

Bahaya/Resiko

-Mencari & menemukan kecurigaan

-Self-Fulfilling Prophecy

-Orientasi ke dalam

-Ketidakmampuan membuat keputusan

-Superficiality

-Pesimis

-Frustration with emotional isolation

Fokus Organisasi & Struktur

-Struktur kontrol yang terpusat

-Memiliki banyak mata-mata

-Check & kontrol berlapis-lapis

-Information systems untuk formal control

- Standarisasi

-Bold new ventures

-Pertumbuhan

-Primitive Structure

-Formal rutin

-Hierarchy tanpa adanya leadership

-Political playground for sub-top

Pembuatan Keputusan

-Analisa yang terlampau banyak & buang-buang waktu

-Terencana secara hati-hati, ketidakpastian, reedukasi

-Berdasarkan instinct, intuition, etc

-Unreflective

-Tribal battles among sub-top vie for approval by leader

-Tribal battles among sub-top vie for approval by leader

Power

-Sentralisasi pada Top Management

-Top Management & Cooperate Staff

-Narcissistic leader

-Leadership vacuum

-Leadership vacuum

-Shifting coalition

Strategy

-Risk Averse:

*Reactive

*Diversification

-Planned Detail

-Long Term Theme

-Anything that moves

-Corperate wild growth

-Aimless

-Too busy with petty stuff

-Product of individual goal, power & politicking

Change

-Muddling through

-Fear of leaks

-Terlalu kaku untuk merubah proses

-In defiance of failure, leader fails to bend

-Meaningful change does not occur

-Small, incremental

-Often obstructed

*Catatan:

Sebuah organisasi bisa memiliki kombinasi 1-2 bahkan lebih dari “penyakit jiwa” diatas.

Beberapa Prinsip yang Perlu Diperhatikan oleh Para Leader yang Memimpin “The Neurotic Organization”:

  1. Leadership style seorang Leader sangat menentukan

  2. Membutuhkan orang luar seperti “Psychologist, Coach, atau Advisor” untuk membimbing perubahan dan memulihkan organisasi tersebut menjadi “Peak Performance & Positive Organization”

  3. Untuk koreksi collective behaviors, maka memerlukan “corrective personal behaviors”

  4. System tidak akan merubah suasana

  5. Faktor emosi, mental alias kejiwaan memainkan peranan penting dalam hal perubahan “behaviors” organisasi/kelompok.

JANGAN BIARKAN RASA TAKUTMU MENENTUKAN MASA DEPANMU

shutterstock_194954891-e1416085630508

Semua orang heboh karena banyaknya gerai retail yang tutup. Hal ini membuat seorang Client saya yang bergerak di usaha produk retail ketakutan dan langsung mengambil banyak tindakan sembrono, yang akhirnya menimbulkan banyak kerusuhan pada karyawan dan bisnisnya sendiri.

Ditambah lagi dengan banyaknya kompor api dari media sosial tentang berita-berita zaman Disruptive sudah dan akan tiba. Memang di Indonesia ini banyak barisan provokator, termasuk dari kalangan Intelektual pun tidak ketinggalan memprovokasi.

Tujuannya apa sih?

Ibaratnya ya hanya sekedar ikut-ikutan untuk mendulang emas dalam kesempatan perubahan zaman ini.

Ayolah, janganlah kalian berburu emas tapi kalian jual ayakannya saja kepada Si Pemburu Emas.

Nah, manusia-manusia yang kerdil jiwanya, termasuk client saya yg satu ini, ketakutan amat sangat.

Begini logikanya…

Sudah dari dulu zaman terus berubah karena manusia sebagai pelaku aktor pengelola bumi ini juga mengalami perubahan dan melakukan perubahan itu sendiri.

Prognostication adalah suatu metode melihat masa depan dengan melihat masa lalu, akan ada pola yang sama terus.

Kalau Anda ingat, Revolusi Industri sebenarnya adalah penggantian tenaga manusia dengan tenaga mekanik alias mesin.. Pada zaman transisi itu tentu saja banyak memakan korban bagi yang tidak sadar, tetapi bagi yang sadar tetap survive bahkan menjadi Bilyuner pada masa itu.

Kuda Delman digantikan oleh Mobil Taksi, kusir delman berubah profesi jadi supir taksi. Jagung bukan hanya bisa diolah jadi satu komoditas saja, tetapi menjadi banyak komoditas oleh kekuatan mesin yang NOTABENE diciptakan oleh Para Inventor yg mendulang EMAS dengan cara bukan memburu EMAS tapi dengan cara menciptakan teknologi yang dipakai oleh Pendulang Emas itu sendiri. Betapa bodohnya pendulang-pendulang emas tersebut, seolah-olah merka menjadi kaya tetapi yang lebih kaya adalah pencipta-pencipta atau Para Inventor yang menciptakan ayakan emas tersebut.

Nah pada masa ini Revolusi Industri tentu saja akan berubah.

Dari zaman agrikultur, dimana tenaga manusia digantikan oleh tenaga mesin untuk memanfaatkan usaha manusia itu sendiri. Maka, pada zaman sekarang, tenaga mesin atau mesin-mesin akan dibantu oleh dengan adanya pemanfaatan sistem informasi, alias digital dan sebangsanya.

Jadi: tenaga manusia – mesin – digital

Lalu, siapa yang tetap sama eksis?

Manusia itu sendiri.

Kenapa?

Karena manusia atau kita-lah yang menciptakan ini semuanya.

Singkat kata:

Sepanjang Anda bisa dan mampu jadi Inventor (pembuat ayakan emas), maka Anda tetap akan survive dan bahkan unggul.

Mau ditantang? Boleh saja!

Lihat dan amati sekeliling Anda! Apa yang TIDAK bisa divirtual kan? Masih banyak!

Makan, minum, traveling, produk-produk seperti baju, celana, jam, bahkan sampai Making Love and Sex, TIDAK bisa di virtual kan! Manusia masih membutuhkan dan ingin merasakan meraba dan melihat bentuk fisik produk atau jasa yang Anda ciptakan.

Zaman disruptive dibesar-besarkan tentu ada maksud dan tujuannya.

Tapi, kalau Anda sadar dan cerdas, zaman ini hanyalah “memotong” lapis kedua jalur distribusi saja. Itulah intinya! Supaya Produsen alias Inventor langsung bisa menyerbu End Users alias Konsumen. Fungsi Middle Man akan terkikis habis!

Jadi, kalau Anda tetap berada dalam jalur “Inventor”, Anda masih akan bertahan dan berkembang selama Anda dapat menciptakan. Anda adalah pencipta realitas Anda sendiri Ini akan terjadi sesuai dengan keyakinan Anda. Jika Anda meyakini bahwa Anda tidak akan bisa bertahan, maka Anda akan mati! Keyakinan Anda yang dapat menentukan masa depan Anda, dan jangan biarkan rasa takutmu mengalahkannya.

Be an Inventor!! Don’t just be a middle man!!

The game is shifting

Sudahkah Anda Menjadi Pemimpin Yang Memiliki Jiwa Leadership di Mata Karyawan Anda?

6-ways-to-respond-to-your-boss-yelling-at-you

“My employees suck…!!!!!”

Saya (Coach Yusa) sering mendapatkan komplain yang mengandung nada marah dari client saya, suami isteri pengusaha. (60% client business saya memang couple business owners).

Sebagian besar dari mereka telah melewati badai karyawan ini. Sebagian kecil masih berkutat tapi sudah lumayan.

Hanya 2 saja yang masih belum sadar alias insaf karena baru bergabung dengan saya.

Berikut cerita mereka…

Client (isteri): Mereka tidak mengerjakan tugas-tugas dengan semestinya padahal checklist sudah dibuatkan, dan mereka bahkan sering mengabaikan pekerjaan mereka dan tidak peduli pada hasil yang mereka kerjakan.

Client (suami): Karyawan keluar masuk. Bahkan beberapa dari mereka keluar begitu saja meninggalkan tumpukan pekerjaan yang tidak beres, dan karyawan import menyebabkan masalah yang fatal sehingga kami harus re-eksport. Dia pun keluar begitu saja, meninggalkan ijazah yang sudah kami tahan. Padahal dia lulusan USA.

Client (isteri): HRD kami mandul. Merekrut karyawan dan manager yang tidak becus dan tidak tahan lama/loyal, tidak tahan banting. Padahal kami sudah merekrut karyawan-karyawan yang berpengalaman dan menggaji mereka cukup tinggi dan diatas rata-rata.

Cerita dan komplain diatas hanyalah sekelumit cerita nyata dari nasib Pengusaha UKM (kecil menengah) yang sering saya dengar lihat dan alami sendiri bahkan.

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan saya kepada Anda pengusaha UKM yang mengalami nasib yg sama. Mudah-mudahan dengan pertanyaan-pertanyaan ini Anda menemukan jawaban yang Anda cari selama ini.

  1. Apa saja gambar, perasaan, & pemikiran yang terbersit seketika ketika saya menyebutkan kata “karyawan dan Anda membutuhkan mereka?”

  2. Dari jawaban-jawaban Anda diatas maka hal-hal yang irasional apa yang muncul? Dan bagaimana hal-hal ini menghambat Anda untuk mewujudkan perusahaan yang Anda impikan?

  3. Apakah Anda sebagai pengusaha sudah memiliki sistem rekrutmen yang sesuai dengan Nilai-Nilai yang Anda miliki?

  4. Apakah Anda tahu kekuatan dan kelemahan Anda sebagai seorang Leader dan Manager? Dan tipe-tipe orang seperti apa yang Anda butuhkan untuk melengkapi kelemahan Anda?

  5. Pekerjaan apa yang Anda sukai? Dan apa yang Anda tidak sukai? Kepada siapa Anda mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan yang Anda tidak sukai tersebut? Dan bagaimana Anda akan mendelegasikannya?

  6. Apakah karyawan Anda mengetahui dan memahami visi misi dan budaya perusahaan? Dan apakah mereka juga ikut serta berperilaku dan bertingkah laku dalam keseharian mereka menjalankan tugas yang merefleksikan visi misi dan budaya tersebut?

  7. Apakah Anda membuat rencana dan goals bersama-sama? Atau hanya Anda dan Tuhan saja yang tahu apa rencana dan goals Anda?

  8. Apakah mereka menjadi bagian dari rencana Anda? Atau hanya sekedar pekerja yang Anda suruh-suruh untuk mengeksekusi rencana dan goals Anda?

  9. Bagaimana dan apa yang Anda lakukan dan tunjukkan dalam mengajak karyawan Anda berpartisipasi aktif dalam perusahaan Anda?

  10. Bagaimana dan apa perilaku Anda yang membuat karyawan Anda tidak berani dan mau terbuka kepada Anda? Apakah pintu Anda selalu terbuka untuk mereka? Apakah mereka berterus terang kepada Anda tentang kesulitan pekerjaan yang mereka alami??

  11. Jikalau Anda menginginkan mereka merasa memiliki perusahaan Anda dan bertanggungjawab bersama-sama dalam perusahaan dan kinerja mereka, maka apa yang selama ini Anda tidak tahu dan tidak Anda kerjakan?

  12. Seberapa terbuka dan transparan kah Anda kepada karyawan Anda? Apa faktor dalam diri yang menahan Anda untuk tidak mengungkapkan Goals Business Anda? Apa faktor dalam diri yang menahan Anda untuk membuat Goals dan Rencana bersama mereka?

  13. Apa trauma-trauma di masa lalu Anda hingga membuat Anda enggan untuk terbuka dan percaya kepada karyawan?

  14. Bagaimana Anda menerapkan peraturan dan kedisiplinan kepada karyawan Anda? Bagaimana Anda menegakkan peraturan, pekerjaan serta kedisiplinan? Bagaimana Anda memuji serta melakukan reward kepada mereka? Apa dan bagaimana Rules of Engagement Anda terhadap mereka??

  15. Bagaimana Anda menggambarkan leadership dan managerial style Anda? Apakah semua otorisasi dan keputusan terpusat pada diri Anda saja alias tersentralisasi? Dan mereka perlu menanyakan setiap keputusan yang perlu mereka buat kepada Anda?

  16. Bagaimana menyeimbangkan disiplin eksekusi tugas dan humanisme dalam keseharian Anda memimpin mereka?

  17. Apakah Anda memberikan mereka job desc dan KPI juga memberikan otoritas yang memadai yang dapat mereka pertanggungjawabkan kepada Anda supaya mereka mampu mengeksekusi rencana-rencana Anda? Apakah semua otorisasi dan keputusan terpusat pada diri Anda saja? Dan mereka perlu menanyakan setiap keputusan yang perlu mereka buat kepada Anda?

  18. Seberapa besar komitmen Anda dalam membimbing dan mengarahkan mereka dalam pekerjaan mereka? Apakah Anda melengkapi dan memberi training yang cukup untuk mereka melengkapi skills mereka dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan mereka? Atau Anda langsung cemplungkan mereka untuk segera berenang sendiri dan bertahan? Atau justru Anda merasa mereka tidak sepintar Anda?

  19. Pada akhirnya, pertanyaan saya adalah bagaimana perilaku Anda dalam melakukan employees engagement dalam kesehariannya? Apakah Anda melakukan follow through dan monitoring serta evaluasi thd pencapaian-pencapaian mereka.

Dilema Pengusaha UKM dalam menghadapi karyawan:

  1. Kendala budget sehingga hanya mampu mendapatkan low quality employees. Kendala ini menyebabkan kendala berikutnya yaitu proses bisnis Anda yang tidak lancar dan tertatih-tatih dan membuat Anda frustrasi, pahit, kecewa secara mental dan jiwa karena Anda merasa berjuang sendiri saja.

  2. Kendala diatas menyebabkan Anda perlu membimbing, mengarahkan dan memonitori serta mengevaluasi karyawan Anda, dan ini mengakibatkan kendala lainnya yaitu waktu Anda. Sementara Anda perlu survive dan bertahan hidup menjalankan roda bisnis melayani customers Anda.

  3. High quality employees yang jikalau Anda berhasil penuhi kriteria gaji dan benefit yang mereka inginkan pun, belum tentu mau bergabung dengan Anda. Tingkat kenyamanan bekerja pada perusahaan yang establish tentu saja faktanya lebih menarik daripada bergabung pada perusahaan yang Anda pimpin.

  4. Kondisi keuangan perusahaan yang menuntut Anda terus menerus untuk konsentrasi mengerjakan tugas dan menggenjot tim Anda mengerjakan tugas-tugas mereka tanpa penjelasan dan mengajak keikutsertaan mereka mengapa mereka perlu mengerjakan tugas-tugas mereka.

  5. Tidak adanya management business yang layak dan pantas yang Anda kuasai sehingga mengolah bisnis hanya menurut gaya serta persepsi dan pemikiran Anda sendiri saja. Ini tentu saja membuat karyawan Anda frustrasi dalam bekerja sehingga mengakibatkan tingginya turn over karyawan. Tingginya turn over karyawan mengakibatkan tidak stabilnya proses bisnis Anda sehingga mengakibatkan customers satisfaction berkurang dan rontoknya satu per satu customers Anda

  6. Keputusan Anda yang selalu berubah-ubah, baik Anda sadari maupun tidak. Seringkali tidak mengacu pada Goals besar. Mengakibatkan karyawan kebingungan.

  7. Faktor leadership Anda

Produktifitas karyawan Anda sangat erat korelasinya dengan kemampuan management, leadership dan psikologis Anda!

Evaluasi management dan leadership Anda!

Apalagi pada saat jaman yang serba tidak menentu ini, maka Leadership adalah 80% psychology dan 20% mechanics!

Productivity of your employees is direct proportional to your ability to manage, lead and your own psychology!

Manusia dan Neurotik

neuroticMengapa Anda kerapkali menciptakan dunia fantasi Anda pribadi?

Sesi kali ini, Coach Yusa ingin menjelaskan apa Neurotik dan apa kaitannya manusia dengan Neurotik.

Pada dasarnya Freudian maupun Jungian, Adlerian dan Rogerian mengakui bahwa hampir semua Manusia mengalami Neurotik. Lalu, apa sih Neurotik?

Definisi Neurotik dalam Western Classical Psychology adalah kesulitan dan masalah yang dihadapi oleh individual dalam mengasosiasikan dirinya ke dunia luarnya. Adanya jurang pemisah yang erjadi antara identitas diri orang tersebut dalam mengidentifikasikan dirinya dan simbol-simbol yang mengidentifikasikan dirinya di dalam lingkungannya.

Libido atau kekuatan internal dalam diri seseorang tidak bisa mengidentifikasikan dirinya dengan lingkungan eksternalnya dan akhirnya kembali masuk, tertekan ke dalam ketidaksadaran seseorang. Mereka yang mengalami Neurotik menciptakan gap atau jurang pemisah antara lingkungan luar dirinya dengan internal dirinya.

Hal ini menyebabkan orang tersebut memicu Mekanisme Pertahanan Ego (Ego Defense Mechanism) yang menekan kembali kekuatan Libido tersebut kembali ke dalam yang akan menyebabkan masalah yang lebih besar dan dalam di kemudian harinya.

Individu yang mengalami Neurotik ini menarik dirinya kedalam dirinya sendiri dan menciptakan dunia fantasia atau Alice in Wonderland  di dalam Alam Bawah Sadar pribadinya (Personal Subconscious Level) sebagai pelarian dari pertahanan dan mekanisme bertahan hidup di dalam lingkungannya. Untuk memproteksi diri mereka, maka individu-individu yg mengalami Neurotik ini kemudian membentuk  Mekanisme Pertahanan Ego yang merupakan bentuk pelarian dari lingkungan luarnya.

Mereka membuat apa yang saya sebut sebagai Psychic Isolation antara diri mereka dengan dunia luar mereka. Untuk menjaga agar faktor luar dari lingkungannya tidak terjadi lagi dan mengganggu pelarian di dalam dunia internal mereka.  Mekanisme Pertahanan Ego bisa berbagai bentuk ekpresinya. Salah satu yang paling mencuat belakangan ini, yaitu yang terjadi pada Bangsa Indonesia ini adalah kekerasan dan permusuhan. Masih banyak bentuk lainnya seperti,  Anti-Sosial, Munafik, Penyangkal, Drama Queen dan lain sebagainya.

Dalam kasus-kasus ekstrim, pikiran bawah sadar  sebagai tempat pelarian gaya libido tersebut sudah tidak mau lagi ditempati oleh kekuatan tersebut dan akhirnya meluapkan semua file-file nya membanjiri alam sadar yang menyebabkan istilah Psychotic.

Ide Hanyalah Sebuah Teori Semata

shutterstock_194954891-e1416085630508

Coach Yusa kerapkali memiliki percakapan mengenai kemajuan yang telah dicapai oleh client beliau seperti ini.

Coach: Bagaimana kemajuan yang telah dicapai semenjak sesi lalu, Pak?

Client: Wah, belum ada, Coach.

Coach: Mengapa belum ada? Apakah komitmen tugas dari sesi kemarin tidak dikerjakan?

Client: Nah itu dia, belum dikerjakan Coach. Menurut saya, apa yang telah kita diskusikan itu sebenarnya seperti teori?

Coach: Ok, sepakat itu teori. Sebatas ide, tapi bukankah ide itu datang dari Anda?

Client: Iya, tapi saya ragu…

Coach: Jadi, anda ragu dengan ide Anda sendiri? Dan menganggap ide anda hanyalah teori semata?

Client: Ya benar seperti itu, Coach.

Coach: Ok Pak, dengarkan baik-baik. Segala ide adalah teori sampai Anda mengerjakannya sendiri. Maka, saat anda sudah mengerjakannya, barulah teori tersebut berubah menjadi hasil atau realita.

Client: Baik, Coach.

Coach: Ok, sekarang lakukan dan dapatkan kemajuan dari ide yang anda anggap teori tersebut. Saya ingin ada perkembangan di sesi berikutnya tentang ide teori yang menjadi kenyataan ini.

Client: Baik, Coach.

Silahkan renungkan percakapan di atas. Apakah anda masih ingin membuat berbagai alasan untuk menyabotase diri anda sendiri?

Berhentilah membuat alasan untuk menyabotase diri Anda sendiri!

Keinginan VS Komitmen

disappointed

Mengapa Anda mendapatkan lebih banyak yang Anda TIDAK inginkan ketimbang mendapatkan apa yang Anda inginkan??

“You are subconsciously MORE committed to whatever is actually happening in your life”

Apapun yang terjadi pada diri Anda saat ini maka kesitulah komitmen Anda tertuju secara tidak sadar.

Jikalau Anda tidak INGIN Lajang dan ingin mendapatkan jodoh idaman Anda, maka sesungguhnya Anda berkomitmen hanya untuk tetap jadi LAJANG saja!

Jikalau Anda TAKUT miskin dan ingin kemakmuran dan kekayaan yang Anda idamkan, maka sesungguhnya Anda berkomitmen hanya untuk tetap jadi seperti kondisi saat sekarang saja!

Jikalau Anda tidak INGIN bisnis gagal dan ingin bisnis yang profitable dan langgeng, maka sesungguhnya Anda berkomitmen hanya untuk menjalankan bisnis seperti kondisi sekarang saja!

Jikalau Anda tidak INGIN gendut, tapi ingin tubuh yang fit sehat dan sexy, maka sesungguhnya Anda berkomitmen hanya untuk tetap mempertahankan bentuk kondisi tubuh Anda sekarang saja!

Jikalau Anda merasakan Pasangan Anda tidak romantis dan hangat lagi dan mendambakan merasakan romantisme dan kehangatan dari pasangan Anda, maka sesungguhnya Anda akan tetap berkomitmen untuk tidak menerima kehangatan dan romantisme dari pasangan Anda tersebut.

Jikalau Anda tidak merasakan keadilan dari kehidupan ini, maka Anda tetap berkomitmen untuk tidak akan mendapatkan keadilan dari kehidupan ini.

Apa yang saya tuliskan diatas kedengaran “harsh“, but it is true.

Setiap diri kita memiliki potensi kekuatan untuk menciptakan kehidupan yang kita inginkan.

Pikiran kita, pilihan kita, perilaku kita mempengaruhi secara langsung apa yang kita alami dan dapatkan dalam kehidupan ini.

Kita bisa menggunakan potensi kekuatan diri kita untuk menciptakan apa yang kita inginkan.

Tetapi juga kita mampu menggunakan potensi kekuatan itu untuk mengabadikan kondisi yang kita TIDAK inginkan.

Jikalau Anda mendapatkan sesuatu yang TIDAK sesuai dengan keinginan Anda secara sadar, maka ketahuilah bahwa Anda berkomitmen secara TIDAK sadar terhadap apa yang Anda sedang alami pada masa sekarang ini.

Semua mekanisme ini terjadi diluar/dibawah kesadaran Anda.

Darimana Anda bisa tahu bahwa secara TIDAK sadar Anda berkomitmen terhadap apa yang Anda sedang alami saat sekarang ini?

Ini TIPS untuk mengenali Komitmen Bawah Sadar tersebut :

“Any pattern or issue that happens at least 3 times for you means you are unconsciously committed to that outcome”

Cara Mencintai Diri Kita Sendiri

1 O2Ns2kBT5BPaLCPKfLpuhQ

“Bagaimana kita bisa mencintai Bayangan diri kita sendiri yang kita tolak dan sangkal selama ini dan mendamaikan diri kita yg telah terluka dan malu tsb kepada bagian diri kita yang kita cintai?”

Ketika kita ingin mencintai diri kita yang telah terluka dan malu atau bayangan diri kita yang telah kita tolak dan sangkal, kita mulai mencari bagian diri tersebut dari ketidaktahuan kita sendiri tentang bagian diri yang terluka/malu tersebut. Kita pun akan menemui kesulitan, dan tidak akan pernah mampu mempertemukan dan mendamaikan kedua bagian diri tsb.

Acceptance. Penerimaan. Adalah kuncinya.

Mengakui dan menerima bagian diri kita yang telah terluka dan malu alias bayangan kita, merupakan jembatan tipis bagaikan rambut yang bisa mempertemukan kedua bagian diri tsb.

Mengakui dan menerima bagian diri kita yang telah terluka dan malu yang selama ini tidak mengenal dan menerima Kasih/Love merupakan bagian terpenting untuk bisa memperkenalkannya, mempertemukannya, mendamaikan dan akhirnya, menggabungkannya kembali kepada bagian diri kita yang selama ini menerima dan merasakan Keagungan, Kebijaksanaan dan Kasih Tertinggi.

Tanpa mengakui dan menerima bagian diri kita yang telah terluka, malu dan menjadi bayangan ini yang tidak pernah merasakan Kebijaksanaan, Keagungan serta Kasih Tertinggi, maka sangat mustahil pertemuan dan perdamaian dengan Bagian Diri kita yang selama ini mengenal Kasih dan Kebijaksanaan Tertinggi akan terjadi!

Oleh karena itu “percakapan” dengan diri kita sendiri adalah proses dan jalan yang sangat utama dalam mengakui dan menerima Bagian Diri kita yang telah sakit dan malu ini.

Let’s have more conservation with our shadows!

Who says shadows work is easy? It has never been easy.

But it is simple.

Archetype seorang Pemimpin Sejati

16806994_348327855567537_6833251858071214493_n

Apa ciri khas seorang Pemimpin?

Bagaimana melihat apakah seorang Pemimpin itu akan membuahkan hasil untuk orang-orang yang dipimpinnya?

Seorang pemimpin seringkali dilihat dari postur dan tutur bahasanya.

Menurut beberapa riset yang dilakukan beberapa psikolog yang menyelidiki type seorang pemimpin sejati, ada beberapa kombinasi sifat/archetypes yang ia penuhi.

Apa saja? Ia memiliki 4 kombinasi sifat/archetypes.

1/ ia memiliki jiwa ksatria. Seorang pejuang. Tindakan, perbuatan yang nyata alias terukur menjadi output dari jiwa/karakter ksatria ini. Hasil yang nyata dan dapat terukur alias kasat mata dan dapat dinikmati, dirasakan serta tangible adalah buah dari sifat archetype ini.

2/ ia memiliki jiwa keibuan. Jiwa karakter ini menghasilkan perhatian, kepedulian, sekaligus rasa compassion dan kasih sayang dan juga semangat melayani. Produk perbuatannya tampak jelas atas pembelaan dan pelayanan yang ia lakukan terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Bahkan jikalau jiwa ini sangat dominan, ia bisa menjadi seorang martyr seperti layaknya seorang Ibu.

3/ ia memiliki jiwa pesulap dan kreator. Sifat ini menghasilkan banyak perbuatan dan tindakan yang menghasilkan tindakan solusi atas banyak masalah yang melanda orang-orang yang ia pimpin. Ia juga mampu menghasilkan ide-ide baru selain solusi-solusi.

4/ ia memiliki jiwa pengatur/ruler. Sifat ini menghasilkan perbuatan tindakan yang mendisiplinkan supaya segala sesuatunya berjalan lancar. Ia juga menegakkan hukum yang berlaku untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Rasa aman dan ketertiban menjamin adanya produktifitas diantara pengikutnya. Sifat ini menandakan ia juga seorang ahli manajemen yang baik. Administratur yang baik.

Bagaimana dengan Archetypes lainnya?

Adalagi beberapa sifat/archetype, yang TIDAK efektif tetapi dimiliki banyak sekali pemimpin:

Sage, alias Filsuf, Pemikir. Sebaiknya pemimpin type begini tidak baik berada dalam kondisi lingkungan yang menginginkan hasil kerja nyata. Mengapa? Karena type pemimpin seperti ini hanyalah seorang Theorist. Ucapan, kata-katanya sungguh manis dan bijak. Tetapi perbuatannya bisa hampir dikatakan Nol besar dan tidak ada hasil yang nyata. Cocok memimpin sebuah kelompok cendekia dan menghasilkan ideologi atau filsafah atau pemikiran baru. Seorang Sage tidak akan bisa memanifestasi pemikirannya menjadi hasil yang konkrit.

Ada lagi archetype bertipe The Fool atau Innocent. Type ini sangat berpetualang. Sikat sana sikat sini. Alias opportunist.

Ada lagi Orphan/Regular Guy/Gal. Yang bergantung banyak atas opini dan pendapat orang yang berpengaruh pada dirinya. Alias hanya menjadi boneka.

Ada juga Lover.  Agak berabe kalau pemimpin punya sifat ini. Karena ia akan pecicilan kemana-mana dan jatuh cinta sama siapa saja. Dia tidak fokus pada kerja nyata. Sehari-hari dia hanya sibuk menjalin interaksi dan keintiman. Dan lupa akan pengikutnya. Bisa justru maunya menjadi pemimpin yang disukai dan dicintai sehingga ia tidak mampu tegas dan menegakkan hukum.

#coachyusa #icoachrealcoach #archetypes #carljung #jungpsikologi
#coaching #counseling #leadership
#psychotherapy
#indonesianacademyofpsychotherapycounselingandcoaching
#humandesignindonesia